Siswi SMP Negeri 17 Semarang Juara Kartun Internasional di China

Siswi SMP Negeri 17 Semarang Rahma Sekar juara kartun internasional di China
Siswi kelas IX SMP Negeri 17, Rahma Sekar (14) memenangi kontes kartun di Shanghai China. Rahma mendapatkan penghargaan dengan titel "Bronze Prize" untuk kategori pelajar dalam kontes bertajuk FaceMi Humor Cartoon Exhibition 2017. 

Dalam kontes itu Rahma mengirimkan satu karyanya tentang ponsel pintar sesuai tema yang dilombakan, yaitu "Better Internet Better Life". "Nggak nyangka. Padahal sekarang lagi jarang latihan. Soalnya lagi UAS. Senang bisa sampai menang," kata siswi kelahiran Semarang, 16 April 2003. 

Rahma mengatakan, raihan tersebut merupakan penghargaan pertamanya. Sebelumnya, namanya beberapa kali tampil sebagai finalis di sejumlah kontes kartun internasional. Di antaranya masuk list selected dalam lomba kartun bertemakan hewan piaraan di Italia dan masuk 100 besar International Tobacco Cartoon Exhibition 2017 di Semarang.

Rupanya, di antara teman-temannya, Rahma termasuk yang paling rajin. Ia paling banyak memiliki koleksi gambar kartun dibandingkan teman-temannya.

"Kepingin juara internasional. Jadi kirim ke berbagai negara penyelenggara," kata Rahma.

Selain mendapat dukungan dari sekolah, Rahma juga selal mendapat motivasi dari orangtuanya. "Ayah Ibu bilang suruh ningkatin dan latihan terus.
Pesan teman-teman terus berlatih, banyak usaha jangan patah semangat," ujar warga Jangli, Tembalang itu.

Sementara itu, Guru Seni Rupa SMPN 17 Suratno merasa bangga mendengar kabar tersebut. Dia mengatakan, cita-cita untuk melahirkan kartunis internasional sudah membuahkan hasil. Ratno, demikian sapaannya, juga ikut di lomba tersebut. Namun belum berhasil.

"Tapi saya lebih bangga karena murid saya yang menang. Artinya kaderisasi telah berhasil.Untuk siswa yang lain supaya terus semangat mengikuti lomba," katanya.

Untuk mengapresiasi prestasi yang diraih peserta didiknya, Ratno akan memberikan hadiah berupa satu set pensil warna. Saat ini Ratno juga masih menunggu kabar hasil lomba. SMP Negeri 17 Semarang telah mengirimkan sebanyak 170 karya siswa di Romania dengan tema winter. Menurutnya, ini merupakan pengiriman terbanyak kontes kartun internasional.

"Tahun 2018 targetnya mencapai 400 siswa ikut lomba kartun internasional. SMP Negeri 17 diharapkan bisa mendominasi peserta lomba dan mengalahkan peserta dari negara lain. Terima kasih kepada Kepala Sekolah yang terus mendukung kegiatan kartun di sekolah," katanya. (Abdul Arif)