Kelas Kartun

Program kelas kartun merupakan ruang berbagi pengalaman kreatif menggambar kartun. Program ini didesain dalam bentuk workshop, kursus singkat dan kemah kreatif. Program ini melibatkan mentor kartunis Gold Pencil berpengalaman dan memiliki reputasi internasional.

Di antara mentor Gold Pencil: Jitet Kustana (eks kartunis Harian Kompas, pemegang rekor MURI dan LEPRID dengan penghargaan kartun internasional terbanyak), Suratno (guru seni rupa SMP Negeri 17 Semarang), Danny Yustiniadi (kartunis senior), Djoko Susilo (kartunis Harian Suara Merdeka), Aji Mei (guru seni rupa SMP Negeri 19 Semarang), Kustiono (kartunis dan guru seni rupa) dan masih banyak lainnya.

Festival Kartun

Festival menjadi ajang silaturahmi budaya. Selain menjadi ajang pamer, festival mempertemukan gagasan-gagasan baru untuk kemajuan kartun di Indonesia, khususnya di Kota Semarang yang menjadi basis utama Gold Pencil. Saat ini Gold Pencil tengah mematangkan konsep festival kartun tahunan di Kota Semarang.

Penerbitan

  1. Galeri Online goldpencil.id

Galeri online goldpencil.id menjadi ruang virtual untuk menyajikan karya-karya kartunis Gold Pencil dan jaringan kartunis internasional. Ruang ini terkoneksi dengan website official organisasi kartun internasional. Galeri ini juga diupdate dengan informasi kontes, pameran dan direktori kartunis.

  1. Majalah Gold Pencil

Majalah Gold Pencil didesain dalam bentuk digital dan terbit setiap bulan. Edisi perdana dijadwalkan terbit pada Maret 2021 dengan tajuk "Kreatif di Masa Pandemi Covid-19". Majalah ini sebagai media informasi komunitas dan ruang diseminasi karya-karya talenda muda Gold Pencil.

Koperasi

Koperasi menjadi upaya bersama Gold Pencil untuk menyejahterakan para kartunis. Koperasi "Mitra Gold Pencil" saat ini masih dalam rintisan. Koperasi ini mewadahi usaha-usaha kreatif berbasis kartun.